Berikut Tips Untuk Berkendara Aman Ketika Melintasi Rel Kereta Api

Ila Sean | Senin, 19-06-2017 | 18:06 WIB
Berikut Tips Untuk Berkendara Aman Ketika Melintasi Rel Kereta Api
ilustrasi

Covesia.com - Pengendara di Indonesia cenderung tidak peduli dengan peraturan di perlintasan kereta api, masih ada saja yang menerobos selama kereta belum melintas. Wajar jika kecelakaan kendaraan di pintu perlintasan kereta kerap terjadi karena ketidak hati-hatian dan ketidaksabaran pengendara yang melintas pintu perlintasan kereta api.

Biar kejadian seperti ini tidak berulang kali terjadi, berikut 7 tips untuk berkendara aman ketika melintasi perlintasan rel kereta api, dirangkum covesia dari beberapa sumber.

Matikan musik

Memutar musik dengan volume keras saat melewati perlintasan kereta api jelas sangat berbahaya. Karena suara musik yang terlalu keras dapat membuat suara peringatan perlintasan rel kereta api tidak terdengar, terutama untuk yang menggunakan earphone ketika menggunakan kendaraan roda dua. Sebaiknya matikan musik saat berkendara dengan mobil ataupun motor.

Perhatikan lampu rambu perlintasan kereta api

Layaknya suara, perlintasan kereta api juga memiliki sistem pemberitahuan menggunakan dua buah lampu berwarna kuning yang menyala bergantian ketika kereta hendak melintas. Meski terlihat sepele, lampu ini dapat berfungsi untuk menggantikan suara alarm tanda kereta api jika tidak berfungsi.

Jangan terobos palang

Saat palang perlintasan kereta api tertutup, jangan pernah menerobos meski kereta terlihat masih jauh atau berhenti di stasiun. Disini banyak kemungkinan yang dapat terjadi seperti kereta muncul dari arah berlawanan yang tidak sesuai dengan dugaan awal atau kereta datang lebih cepat dari yang kita bayangkan. Kebiasaan menerobos palang seakan menjadi budaya pengendara di Indonesia, sehingga mereka cenderung menyepelekan resiko yang bakal terjadi.

Jangan asal maju ketika macet

Kemacetan di pintu perlintasan kereta tentunya akan membuat kesal dan cenderung ingin maju jika ada celah. Namun perhatikan ruang jalan di depan anda. Jika anda yakin setelah perlintasan kereta terdapat ruang untuk kendaraan kita untuk mengantri di kemacetan, barulah majukan mobil anda.

Namun jika masih padat, jangan sekali-kali mengambil resiko dengan maju ke tengah perlintasan rel kereta api dan berhenti di tengahnya. Ini sangat fatal dan berbahaya mengingat kita tidak tahu seberapa lama kemacetan akan menahan kita berada di tengah perlintasan rel kereta api

Perhatikan samping perlintasan kereta api

Buat yang melintas di lintasan kereta api yang tidak dilengkapi dengan rambu-rambu, pastikan pengendara melihat samping kanan dan kiri lebih detail. Begitu melintas upayakan pacu kendaraan sedikit lebih cepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkannext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Ragam

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Selesai dari Tugas Militer, Choi Si-won Akan Kunjungi Vietnam untuk Kampanye UNICEF

Selesai dari Tugas Militer, Choi Si-won Akan Kunjungi Vietnam untuk Kampanye UNICEF

Covesia.com - Resmi menyelesaikan tugas militernya, Choi Si-won anggota dari boyband Korea Selatan Super Junior akan mengunjungi Vietnam pekan depan...

Ikuti Akun Flickr Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring