Moms, Berikut Cara Mengetahui Tanda Bekas Jahitan Caesar Anda Sudah Sembuh

Ila Sean | Senin, 19-06-2017 | 17:11 WIB
Moms, Berikut Cara Mengetahui Tanda Bekas Jahitan Caesar Anda Sudah Sembuh
ilustrasi

Covesia.com - Operasi caesar meninggalkan rasa sakit yang lebih lama dan juga bekas jahitan caesar di tubuh anda. Sehingga, setelah melakukan operasi caesar anda harus merawat diri anda dengan baik untuk mempercepat pemulihan. Salah-salah dalam merawat bekas luka anda, ini dapat menyebabkan infeksi. Sebaliknya, perawatan yang baik dapat membuat bekas jahitan caesar sembuh lebih cepat. Bagaimana tanda jahitan caesar sudah sembuh?

Tanda bekas jahitan caesar sudah sembuh

Melahirkan dengan cara operasi caesar akan meninggalkan bekas luka pada tubuh anda. Pada awalnya, ini mungkin akan membuat anda merasa tidak nyaman karena akan terasa sakit dan bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Namun, semakin lama, jahitan caesar akan semakin kering dan sembuh jika dirawat dengan baik.

Setelah melahirkan, bekas jahitan caesar akan terlihat bengkak, kulit menjadi timbul, dan berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya. Pada saat ini, anda harus merawat luka bekas jahitan caesar dengan baik, menjaga kebersihannya, dan jangan biarkan menjadi lembab.

Pada awalnya, bekas jahitan caesar biasanya memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan lebar 0,3 cm. Namun, lama kelamaan bekas jahitan caesar ini akan menyusut dalam waktu 6 minggu setelah operasi. Warna bekas jahitan tersebut juga lama-kelamaan akan seperti warna kulit anda kembali. Ini merupakan tanda jahitan caesar sudah sembuh.

Selama proses penyembuhan ini, anda mungkin akan merasakan gatal. Ini merupakan hal yang normal terjadi. Rasa gatal muncul karena saraf di daerah bekas jahitan terganggu. Sebaiknya jangan menggaruk luka anda saat gatal, ini justru dapat membuatnya semakin buruk. Untuk menenangkan kulit anda yang gatal, sebaiknya oleskan krim pereda gatal di sekitar bekas luka. Atau, anda juga bisa mengompres daerah yang gatal dengan es batu yang dibungkus handuk tipis selama 5-10 menit.

Bekas jahitan caesar bisa mengalami infeksi

Hati-hati, jika anda tidak merawat bekas jahitan caesar anda dengan baik, ini dapat menyebabkan anda terkena infeksi. Infeksi bisa terjadi karena adanya bakteri yang tumbuh pada bekas jahitan. Umumnya, infeksi pada bekas jahitan caesar jarang terjadi. Namun, risiko infeksi tinggi pada wanita yang memiliki diabetes, penyakit autoimun, tekanan darah tinggi, atau yang memiliki komplikasi kehamilan.

Jika anda mengalami tanda-tanda infeksi seperti di bawah ini, sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter.

  • Bekas jahitan tidak kunjung berubah warna, memerah, bengkak, atau mengeluarkan nanah
  • Anda mengalami demam lebih dari 38 derajat Celcius
  • Anda merasakan sakit di sekitar bekas jahitan

Beberapa hal dapat anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka bekas jahitan caesar anda, dirangkum covesia dari laman hellosehatnext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kesehatan

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto BTS Rilis Album 'Love Yourself Seung Her' 18 September

BTS Rilis Album 'Love Yourself Seung Her' 18 September

Covesia.com - Boyband K-pop BTS akan merilis album EP berjudul "Love Yourself Seung 'Her'" pada 18 September menurut agensi Big Hit Entertainment di...

Ikuti Akun LinkedIn Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring