Dinas Pendidikan Kota Pariaman Pastikan Tidak Ada Pungli pada PSB

Primadoni | Rabu, 14-06-2017 | 16:42 WIB
Dinas Pendidikan Kota Pariaman Pastikan Tidak Ada Pungli pada PSB
Ilustrasi

Covesia.com - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, memastikan tidak ada Pungutan liar (Pungli) pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ajaran 2017/2018 di daerah itu.

"Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga beberapa waktu lalu telah melakukan rapat koordinasi penerimaan peserta didik baru bersama seluruh kepala sekolah se-Kota Pariaman agar tidak melakukan pungutan dalam bentuk apa pun," kata Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar, Disdikpora setempat, Yurnal, di Pariaman, Rabu (14/6/2017)

Ia mengatakan pada rapat tersebut telah diberi penekanan dan instruksi kepada setiap sekolah agar tidak ada pungli, apa bila ditemukan adanya indikasi pungli maka ada sanksi tegas oleh dinas terkait.

"Kita mengimbau kepada para wali murid yang mendaftarkan anaknya agar tidak menyerahkan dalam bentuk apa pun pada panitia penerima siswa baru demi kebaikan semua pihak," kata dia, seperti yang dilansir dari Antara.

Namun kata dia, apa bila ditemukan adanya pihak sekolah yang melakukan pungli, pihaknya juga meminta agar dilaporkan pada Disdikpora setempat.

Terkait jumlah penerimaan siswa Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran baru ujar dia, diperkirakan mengalami lonjakan dari jumlah tahun sebelumnya.

Pihaknya memperkirakan PSB tingkat SD tahun ajaran 2017/2018 akan menampung kurang lebih 2000 siswa baru dari 72 SD negeri dan empat sekolah swasta. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 200 peserta didik jika dibandingkan tahun sebelumnya.

PSB 2017/2018 ujar dia, sekolah tidak ada menerapkan jalur khusus dan rayonisasi. Penerimaan siswa baru ujarnya difokuskan pada jarak atau domisili pelajar dengan lokasi sekolah.

"Sekitar 90 persen sekolah akan mengutamakan peserta didik yang domisilinya berdekatan dengan sekolah," ujar dia.

PSB tahun ajaran baru kata dia, mulai dibuka pada 12 hingga 17 Juni 2017. Sementara itu Oyong (41) salah seorang wali murid mengatakan tidak ada menemukan pungli khususnya di SDN 19 Kecamatan Pariaman Tengah.

"Tidak ada pungli, namun memang ada biaya untuk pembuatan seragam anak didik baru," kata dia.

Ia berharap pemerintah terus melakukan pemantauan agar tidak ada terjadi kasus pungli yang dapat merusak citra dunia pendidikan khususnya di daerah itu.

(*/don)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Taipan Rap Jay Z Akan Rilis Album Teranyarnya pada Akhir Bulan Ini

Taipan Rap Jay Z Akan Rilis Album Teranyarnya pada Akhir Bulan Ini

Covesia.com - Taipan rap Jay Z akan merilis album teranyarnya pada akhir bulan ini menurut layanan streaming musik Tidal pada Senin (19/6),...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring