Masuk Nominasi, Wako Pariaman akan Terima Tanda Kehormatan di Bidang Kemaritiman

Primadoni | Selasa, 06-06-2017 | 15:43 WIB
Masuk Nominasi, Wako Pariaman akan Terima Tanda Kehormatan di Bidang Kemaritiman
Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman (Humas)

Covesia.com - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Mukhlis Rahman masuk nominasi untuk meraih penghargaan kemaritiman, khususnya bidang pemerintahan dalam pengelolaan pengembangan dan pembangunan kelautan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Hanya ada dua yang masuk nominasi di Sumbar, yakni Gubernur Irwan Prayitno dan Wako Pariaman," kata Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan setempat, Zainal di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan jenis penghargaan tersebut ialah berupa tanda kehormatan satria lencana wirakarya di bidang kemaritiman.

Terkait pemberkasan, ujar dia, pihaknya telah mengirimkannya ke Kemendagri dan telah sesuai dengan yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 41 tahun 2016.

"Berkas Wali Kota Pariaman sudah 95 persen lengkap, hanya tinggal verifikasi saja," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk verifikasi berkas, tim khusus dari Kemendagri rencananya akan mencek langsung ke daerah setempat pada Ramadhan 1438 Hijriyah atau selambat-lambatnya usai lebaran Idul Fitri.

"Jika sudah diverifikasi, nanti tergantung skor serta penilaian dari pemerintah pusat," katanya.

Secara umum, katanya, Kota Pariaman dapat menjadi salah satu nominasi dalam penghargaan tersebut karena dinilai telah memenuhi segala kriteria ekspos program-program pembangunan kemaritiman di daerah setempat.

"Selain itu juga penataan ruang serta pengelolaan pesisir pantai dan sejumlah pulau," katanya, seperti yang dilansir dari Antara.

Untuk indikator penilaian dari Kemendagri, ia menjelaskan terdapat beberapa komponen dan indikator di antaranya, adanya rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang berpedoman pada Undang Undang nomor 1 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 27 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dan diterapkan.

Kemudian pemulihan kerusakan lingkungan kawasan pesisir, adaptasi dan mitigasi bencana di wilayah pesisir dan wilayah pulau kecil.

Pengelolaan pengendalian dampak lingkungan akibat kegiatan pembangunan, rencana aksi dan tindakan nyata dalam pembangunan kelautan.

Ia menyebutkan beberapa kepala daerah lain yang masuk nominasi diantaranya Wali Kota Sabang, Wali Kota Manado, Wali Kota Ambon, Bupati Wakatobi, dan beberapa kepala daerah lainnya.

(*/don)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Chester Bennington Bunuh Diri, Inilah 10 Lagu  Linkin Park yang Paling Populer

Chester Bennington Bunuh Diri, Inilah 10 Lagu Linkin Park yang Paling Populer

Covesia.com - Band asal Amerika Serikat Linkin Park baru saja kehilangan vokalisnya Chester Bennington yang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring